pengertian voltage-divider biasing

Belajar Elektronika Untuk Pemula | Belajar Listrik Dasar | Belajar Robot Untuk Pemula

Friday, October 16, 2015

pengertian voltage-divider biasing

Engineer Nusantara

Asal mula
Sebuah penemuan pada saat pertama kali ditemukan pastinya masih memerlukan beberapa pengembangan sehingga hasilnya bisa lebih optimal dan sesuai dengan keinginan. Begitu pun yang terjadi pada kasus bias transistor. Voltage-divider bias sebagai sebuah pengembangan dari konsep  emitter-bias memiliki keunggulan tambahan disamping masih tetap mempertahankan keunggulan-keunggulan yang dimiliki emitter-bias. Salah satu keunggulanya yaitu tidak memerlukan dual-polarity power supplay.
Keuntungan lain yang merupakan warisan dari emitter-bias adalah besar arus yang cenderung stabil meskipun nilai beta berubah-ubah.
Persamaan kunci
Dengan menggunakan konsep pembagi tegangan sederhana dan mengabaikan nilai dari RIN(Base) kita bisa menentukan nilai dari VB yaitu:

Selanjutnya dapat kita hitung nilai darin VE yaitu:

Sehingga dengan hukum ohm dapat kita hitung arus IE

Sekarang aasumsikan bahwa ICQ = IE , maka


Sebelumnya nilai IE sudah diketahui, sehingga nilai IB dapat kita hitung dengan persamaan berikut:


Untuk menentukan nilai hFE  jika memang tersedia satu nilai hFE pada datasheet transistor maka nilai tersebut dapat langsung digunaan. Namun biasanya dalam datasheet hanya dicantumkan nilai hFE minimal dan hFE maksimal. Sehingga untuk menentukan nilai hFE rata-rata dapat menggunakan rumusan berikut:

Cara kerja
Cara kerja voltage-divider bias cukup simple yaitu dengan memanfaatkan konsep pembagi tegangan pada resistor sebagai sumber arus IB. Sehingga ketika ada arus yang masuk melalui basis transistor, akan ada arus yang mengalir dari collector ke emitter.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: pengertian voltage-divider biasing
Ditulis Oleh Engineer Nusantara
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel pengertian voltage-divider biasing ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Post a Comment