Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC

Belajar Elektronika Untuk Pemula | Belajar Listrik Dasar | Belajar Robot Untuk Pemula

Wednesday, July 8, 2015

Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC

Latar Belakang
Dalam zaman perkembangan teknologi sekarang ini, komponen- komponen elektronika semakin murah dan semakin efisien untuk mengerjakan suatu tugas. Tidak hanya itu, penggabungan komponen- komponen elektronika secara benar dan tepat dapat membuat sesuatu yang baru yang dapat dimanfaatkan untuk kemudahan manusia.

Sehingga pada era yang modern ini, sudah banyak ilmuwan yang mendalami betul tentang pembuatan komponen- komponen elektonika yang baru, dengan pemikiran untuk menspesifikan kembali berbagai tugas dari komponen elektronika tersebut.

Rangkaian detector cahaya terhadap motor dc adalah suatu rangkaian elektronik sederhana, dimana dalam sebuah rangkaian terpasang LDR dan motor dc yang berhubungan. Dalam rangkaian elektronik sederhana ini, prinsip LDR digunakan untuk menggerakkan motor DC.

Light Dependent Resistor atau LDR adalah sebuah resistor yang mampu mengalami perubahan besar kecilnya resistensi yang dimilikinya apabila mengalami perubahan intensitas cahaya yang diterima. Perubahan resistensi menyebabkan perubahan tegangan dan arus yang mengalir pada rangkaian pun juga mengalami perubahan. Pada rangkaian ini, ketika LDR mendapat cahaya yang cukup, resistensinya menjadi kecil sehingga menyebabkan arus yang mengalir pada kaki emitor lemah bahkan tidak mengalir arus sama sekali. Arus yang lemah tidak mampu menggerakkan morot dc. Sebaliknya, ketika LDR tidak medapat cahaya yang cukup (ditutup), resistansinya menjadi besar dan mengakibatkan arus yang mengalir pada kaki emitor cukup besar untuk menggerakkan motor dc yang terpasang.

Tidak hanya prinsip LDR, namun juga konsep pembagi tegangan digunakan dalam rangkaian ini. Rangkaian pembagi tegangan berfungsi membagi tegangan input menjadi beberapa tegangan output sesuai dengan banyak tegangan yang dibagi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan tegangan kerja yang sesuai dengan spesifikasi komponen (dalam rangkaian ini motor dc) yang akan digunakan.

Berikut gambar rangkaian sederhana detektor cahaya sebagai pengendali motor DC:

Analisa Gambar Rangkaian
Pada dasarnya rangkaian ini menggunakan prinsip pembagi tegangan antara R1 dan LDR dan perbandingan keduanya ini disesuaikan dengan keberadaan potensio ditengahnya. Fungsi potensio ini nantinya akan berguna untuk mengatur sensitifitas dari sensor cahaya LDR.

Ketika LDR mendapatkan cahaya yang terang, maka nilai resistansinya akan berkurang. Sehingga ketika nilai VLDR  kurang dari 0,7 volt maka tidak ada arus IB yang mengalir. Akibatnya arus dari collector ke emitor pun terhenti dan motor tidak berputar.

Sebaliknya ketika dalam keadaan redup maka resistansi LDR akan meningkat maka VLDR  bertambah besar. Sehingga ketika IB sudah melewati daerah cut off arus dari collector dapat mengalir ke emitor dan motor DC dapat berputar.



Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC
Ditulis Oleh Engineer Nusantara
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Post a Comment