Pengertian Transistor

Belajar Elektronika Untuk Pemula | Belajar Listrik Dasar | Belajar Robot Untuk Pemula

Monday, April 6, 2015

Pengertian Transistor



Sebelum masuk ke pembahasan mengenai apa sih transistor itu? Ada baiknya sahabat memulai pengenalan transistor ini dengan membaca beberapa artikel pengantar terlebih dahulu seperti pengertian diode, bahan semikonduktor, semikonduktor tipe N dan tipe P. Mengapa saya sarankan untuk membaca materi itu? Selain untuk meningkatkan kualitas blog ini, yang terpenting Karena materi-materi tersebut erat hubungannya dengan apa yang akan kita bahas nanti.

pengertian transistor komponen elektronika

Apa transistor itu?


Transistor adalah piranti semikonduktor yang dapat digunakan sebagai penguat sinyal (amplifier) dan juga dapat digunakan sebagai komponen switching (saklar), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainya. (dikutip dari Wikipedia).

Itu pengertian transistor  secara umum. Sedangkan untuk mendalami karakteristik dan penggunaan transistor sendiri cukup banyak materi-materi yang harus sahabat kuasai. Tidak usah langsung merasa ciut nyali, semua itu dapat sahabat pelajari secara perlahan namun pasti hingga akhirnya sahabat pasti bisa menguasai materi seputar transistor ini dengan baik, seperti yang sudah saya alami.

Yang namanya belajar untuk memahami memang tidak ada yang instan. Kecuali jika sahabat hanya belajar sekadar untuk mengerjakan soal ujian, maka sistem kebut semalam pun bisa. Namun untuk benar-benar menguasai suatu pengetahuan, diperlukan yang namanya kesenangan (passion) terhadap apa yang akan sahabat gapai tersebut. Jika sudah muncul rasa suka dan senang, maka apa pun akan dilakukan sehingga sesuatu tersebut – dalam hal ini memahami suatu materi transistor - akan dengan mudah tercapai. Saya rasa cukup dan tidak perlu berpanjang lebar untuk urusan motivasi, karena saya sendiri masih butuh belajar hehehe :)..  
macam-macam transistor komponen elektronika

Fungsi Dasar Transistor


Mari kembali ke jalan yang lurus yaitu transistor, yang pertama adalah transistor sebagai komponen penguat atau istilah kerennya biasa kita menyebutnya sebagai amplifier. Transistor dikatakan mampu menguatkan, lalu apa yang dikuatkan? Tak lain dan tak bukan adalah sinyal. Jadi sebuah transistor mampu merubah sinyal input menjadi sinyal output dengan besar penguatan tertentu. 

Penguatan di sini bukan hanya sebatas penguatan yang menghasilkan output yang lebih besar dari input. Namun juga dikatakan suatu penguatan ketika sinyal output lebih kecil dari sinyal input. Mungkin sahabat ada yang bertanya, kok bisa? Sinyalnya dikuatkan malah menjadi lebih kecil. Ya, hal ini bisa dan mungkin terjadi, biasa kita sebut dengan gain yang negatif atau dengan kata lain faktor pengalinya kurang dari 1 sehingga sinyal output lebih kecil dari sinyal input.

Dalam dunia elektronika pembahasan mengenai sinyal dapat dikatakan menjadi pokok bahasan yang paling sering. Namun pemahaman terhadap istilah sinyal itu sendiri masih sering salah kaprah bagi pelajar yang baru lulus SMA, seperti saya dulu. Oleh karenanya perlu pemahaman yang benar mengenai sinyal seperti pada artikel pengertian sinyal ( promosi dikit :) ).

Selanjutnya adalah transistor sebagai saklar (switch). Fungsi transistor yang satu ini berperan penting dalam kemajuan teknologi digital seperti yang sekarang ini sahabat nikmati. Karena konsep transistor sebagai switching inilah yang kemudian ditemukan konsep biner dalam dunia elektronika, sehingga dunia digital mengalami perkembangan yang sangat pesat seperti sekarang.

Untuk penjelasan mengenai bagaimana transistor dapat bekerja atau berfungsi sebagai saklar, akan saya ceritakan menyusul dalam artikel “transistor sebagai saklar (switch)”. Untuk fungsi-fungsi lain transistor pada dasarnya merupakan pengembangan dari dua fungsi dasar ini yaitu transistor sebagai penguat (amplifier) dan transistor sebagai saklar (switch).

Saya rasa cukup untuk penjelasan mengenai pengertian transistor dan beberapa fungsinya, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat Engineers dan jangan lupa untuk berbagi ke sahabat yang lain jika dirasa artikel ini bermanfaat. Sekian, salam sukses dan selamat berkarya.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Pengertian Transistor
Ditulis Oleh Engineer Nusantara
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Pengertian Transistor ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Post a Comment