Macam-macam Perlombaan Robot

Belajar Elektronika Untuk Pemula | Belajar Listrik Dasar | Belajar Robot Untuk Pemula

Sunday, March 29, 2015

Macam-macam Perlombaan Robot

Engineer Nusantara

Robot sekarang sudah bukan lagi sekedar khayalan, karena saat ini robot bahkan sudah memasuki dunia pendidikan mulai dari pendidikan tingkat dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi. Siswa SD sudah banyak yang mengikuti perlombaan robot, meskipun masih pada tingkatan yang cukup sederhana. Terlebih lagi bagi anda yang sudah menjadi anak kuliahan, begitu banyak pilihan lomba robot yang dapat anda ikuti.

Sehingga pada artikel kali ini saya akan membahas beberapa jenis perlombaan robot yang biasa diadakan di Indonesia. Beberapa kompetisi robot yang sering diselenggarakan di Indonesia diantaranya:

KRI/KRCI (Kontes Robot Indonesia / Kontes Robot Cerdas Indonesia)

KRI/KRCI merupakan salah satu kontes robot paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Perlombaan ini mengikutsertakan para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam babak penyisihan lomba KRI/KRCI dibagi menjadi beberapa region. Pemenang dari setiap region akan dikirimkan untuk mengikuti perlombaan KRI/KRCI tingkat nasional.

  • KRI (Kontes Robot Indonesia)


KRI dan KRCI biasanya diselenggarakan secara bersamaan. KRI bertujuan untuk menyaring para juara dari Indonesia yang kemudian akan dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang perlombaan robot internasional. Perlombaan internasional yang dimaksudkan yaitu asia-pasifik broadcasting union (ABU) Robocon.

Perlombaan ABU Robocon ini diselenggarakan setiap tahunnya, sehingga kontes lomba KRI pun juga diselenggarakan setiap tahun. Untuk temanya pun KRI selalu berubah, mengikuti tema yang akan diusung pada ABU Robocon.

Dalam satu tim KRI terdiri atas dua robot manual dan satu atau dua robot otomatis. Dalam KRI diperlukan kerjasama yang baik antar robot sehingga mampu memecahkan tantangan yang dilombakan sesuai tema. Tim yang mampu menyelesaikan misi lebih awal maka dialah yang akan dinobatkan sebagai pemenang.

  • KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia)


KRCI Berkaki kompetisi robot
Contoh KRCI Berkaki
Bedanya KRCI dengan KRI, yaitu pada sisi tambahan kecerdasan buatan melalui algoritma program yang ditulis. Pada tahun 2011, lomba KRCI dibagi menjadi 3 divisi, yaitu divisi beroda robot cerdas pemadam api, divisi berkaki robot cerdas pemadam api, dan divisi battle robosoccer humanoid leage.

Divisi beroda robot cerdas pemadam api melombakan robot yang mampu mendeteksi keberadaan api dan kemudian memadamkanya. Sebagai alat geraknya robot ini menggunakan roda. Arenanya berupa lapangan simulasi interior sebuah rumah. Sedikit berbeda, untuk divisi berkaki robot cerdas pemadam api menggunakan alat gerak kaki untuk berpindah tempat. Namun prinsip lomba keduanya sama dari aspek penilaian, yaitu kemampuan robot dalam bermanuver dan navigasi, serta kecepatan robot dalam memadamkan api.

KRCI Beroda
KRCI Beroda
Divisi battle robosoccer humanoid leage merupakan perlombaan sepak bola menggunakan robot. Seperti pertandingan sepakbola pada umumnya, pemenang dari perlombaan ini adalah tim yang mampu memasukan bola paling banyak ke gawang lawan.

KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia)

KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia)
KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia)
KRSI merupakan salah satu ajang robot cerdas yang juga dilaksanakan oleh Dikti yang diselenggarakan setiap tahun. Sesuai dengan nama lombanya, robot-robot yang dilombakan disini tentunya harus mengandung unsur budaya daerah Indonesia. Biasanya untuk pelaksanaan KRSI dibarengkan dengan pelaksanaan lomba KRI/KRCI. Satu tim robot boleh menampilkan satu atau lebih robot yang akan menampilkan seni budaya Indonesia sesuai tema yang dilombakan.

Setiap robot yang diikutkan dalam KRSI dituntut mampu untuk melakukan gerakan-gerakan tarian mengikuti suara musik yang dibunyikan. Sumber musik tradisional ini diperdengarkan menggunakan audio ruangan, sehingga robot harus disertai sensor suara agar dapat merespon sumber suara tersebut.

Line Follower Robot (Robot Pengikut Garis)

Robot line follower mungkin jenis robot yang paling familiar di telinga sahabat. Mampu membuat Robot line follower bisa dibilang menjadi pijakan awal ketika kita ingin menggeluti dunia robotik. karena memang line follower menerapkan konsep robot yang paling dasar dan tidak terlalu sulit untuk seorang pemula.
Line Follower Robot
Line Follower Robot

Robot line follower akan mengikuti lintasan garis yang sudah dibuat sebelumnya. Sensor cahaya pada robot line follower akan mendeteksi garis lintasan dan terus mengikutinya  hingga garis finish. Siapa yang mampu lebih cepat sampai di garis finish, maka dialah pemenangnya.

Ada dua jenis robot line follower yaitu line follower analog dan digital. Untuk line follower analog kita tidak perlu memiliki kemampuan programming, Karena cukup bermain-main pada tingkat hardwarenya saja. Sedangkan untuk line follower digital diperlukan kemampuan programming yang cukup untuk memprogram robot sehingga sesuai dengan yang kita inginkan.

Mungkin itu saja macam-macam perlombaan robot di Indonesia yang bisa saya jelaskan pada kesempatan ini. Setelah tahu perlombaan robot apa saja yang sering dilaksanakan di Indonesia, apakah Sahabat Engineer tertarik untuk mengikuti salah satu event tersebut? Silahkan keluarkan unek-unek serta pendapat sahabat di kolom komentar. Sekian dan selamat berkarya.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Macam-macam Perlombaan Robot
Ditulis Oleh Engineer Nusantara
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Macam-macam Perlombaan Robot ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Post a Comment