Biografi George Simon Ohm (Pencetus Hukum Ohm)

Belajar Elektronika Untuk Pemula | Belajar Listrik Dasar | Belajar Robot Untuk Pemula

Monday, March 16, 2015

Biografi George Simon Ohm (Pencetus Hukum Ohm)

Mohamad Nur Fauzan

George Simon Ohm (16 Maret 1789 – 6 Juli 1854) merupakan salah satu fisikawan asal german yang cukup tersohor dalam sejarah perkembangan sains. Ayahnya bernama Johan Wolfgang Ohm bekerja sebagai tukang kunci. Sedangkan ibunya adalah putri dari seorang penjahit bernama Maria Elizabeth Beck. Latar belakang pendidikan kedua orang tua Ohm kurang begitu menggembirakan, bahkan bisa dikatakan tidak memiliki pendidikan formal. Namun seorang wolfgang adalah seorang pria yang luar biasa. Dengan teknik otodidak, beliau berhasil menguasai berbagai cabang ilmu yang sedang berkembang pesat pada masa itu, sebut saja matematika, fisika, kimia hingga filosofi. Sehingga tidak heran dikemudian hari kita mengenal saudara kandung Ohm yaitu Martin dan Elizabeth Barbara, keduanya merupakan matematikawan terkenal.

Biografi George Simon Ohm
George Simon Ohm (1789 - 1854)
Dimasa kanak-kanaknya George Simon Dan saudarnya -Martin- dididik oleh ayah mereka dengan standar pendidikan yang cukup tinggi. Mereka bersama-sama mempelajari ilmu Fisika, Matematika, Kimia, Filosofi, dsb. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi kebanykan masyarakat pada saat itu. Namun, meskipun George hanya mendapatkan pengajaran langsung dari ayahnya, akhirnya beliau berhasil mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di Universitas Erlangen. 

Pada tahun 1881 George Simon berhasil menyelesaikan studinya dan langsung bergabung dengan staf pengajar matematika. Namun setelah menyadari bahwa pekerjaanya tersebut tidak memiliki prospek yang cukup baik dan gaji yang tidak terlalu tinggi, akhirnya George memilih unutk menerima tawaran dari pemerintah Bavaria. Seakan tidak bisa terlepas dari dunia matematika, George kembali mendapat tawaran untuk kembali mengajar disalah satu sekolah di kota Bamberg pada tahun 1813. Selain itu ia juga menulis buku pegangan sekolah dasar seputar geometri.

Nasib berkata lain, pada tahun 1816 sekolah tersebut akhirnya ditutup oleh pemerintah. Dan kemudian pemerintah Bavaria memutuskan untuk memindahkan George ke sekolah yang lain masih di Bavaria. Hingga akhirnya George menerima tawaran unutk menjadi staff pengajar matematika dan fisika di Gymnasium Jesuit. Ditempat inilah akhirnya ia bisa melakukan eksperimen-eksperimen yang akhirnya dicatat oleh sejarah sebagai perkembangan sains modern.

Kisah terus berlanjut. Sampai pada tahun 1833, George simon mendapatkan pekerjaan dan gelar professor dari salah satu universitas ternama di Kota Nuremberg. Namun hal ini bukan yang ia cita-citakan. Beberapa penemuanya terlambat diakui oleh masyarakat pada saat itu, hal ini kemungkinan karena hubunganya yang tidak begitu harmonis dengan pihak yang berkuasa. 

Akhirnya pada tahuan 1841 Ohm berhasil mendapatkan penghargaan medali Copley dari dari salah satu lembaga sains ternama, Royal Society. Dan setahun setelahnya ia mendapatkan kepercayaan untuk bergabung dengan Royal Society. Pada tahun 1845 ia juga direkrut unutk bergabung bersama dengan Akademi Berlin, Turin dan Juga Akademi Bavaria. 

Diakhir usianya, George Ohm berhasil menjabat menjadi kurator di Akademi Bavaria dan menjadi staff pengajar di Universitas Munich. Dan dua tahun sebelum kematianya, Ohm berhasil menggapai ambisinya untuk mnjabat sebagai ketua bidang study Fisika di Universitas Munich.
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Biografi George Simon Ohm (Pencetus Hukum Ohm)
Ditulis Oleh Mohamad Nur Fauzan
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Biografi George Simon Ohm (Pencetus Hukum Ohm) ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

Post a Comment